10 Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Berjiwa Sosial Tinggi

Nggak kerasa, ya, tahun ajaran baru udah satu bulan berlangsung. Temen-temen yang masih di bangku SMA pastinya udah pada kasak-kusuk cari tahu jurusan apa yang nantinya bakal kamu ambil ketika kuliah nanti.

Kalau kamu udah “nongkrong” di jurnal Youthmanual sejak sekian lama (halah), kita udah seriiing banget menyarankan kamu untuk memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan yang kamu miliki. Soalnya pasti kamu nggak mau, ‘kan, kalau kamu sampai terjebak menjalani apa yang nggak kamu senangi selama kurang lebih empat tahun ke depan?

Misalnya, nih, saat ini kamu tahu bahwa kamu punya jiwa sosial yang tinggi. Hal ini terlihat dari kebiasaan kamu yang senang membantu orang lain yang kesulitan, menyukai perhatian, dan bisa bekerja di dalam lingkungan sosial dengan baik. Artinya, kamu cocok banget menjadi seorang pengajar, pembina, pemerhati, dan pengkomunikasi yang baik dalam lingkunganmu.

Nah, jika kamu sudah menyelesaikan modul minat di Youthmanual, kamu termasuk dalam tipe The People Hero dalam spektrum kepribadian RIASEC. Dan jurusan kuliah yang cocok menjadi pilihan kamu adalah…

1. Keperawatan‍ 

1

Jika kamu punya ketertarikan yang sangat besar pada lingkungan sosial, kesehatan, dan kerja humanitarian, maka ini adalah jurusan yang tepat untuk kamu pilih. Nggak semua orang, lho, ingin menjadi perawat, karena perawat adalah profesi yang lebih mengutamakan pengabdian daripada orientasi profit. Menjadi perawat, kamu akan mendedikasikan hidup dan keahlianmu untuk merawat dan mendampingi orang yang membutuhkan bantuan kesehatan.

2. Hubungan Internasional‍ 

Jurusan prestisius satu ini pas banget buat kamu yang anaknya sosial banget. Soalnya, Hubungan Internasional nggak cuma mempelajari hubungan diplomasi satu negara dengan negara yang lain serta segala sesuatu yag berhubungan dengan aktivitas interaksi yang melintasi batas antar negara, tapi juga setiap pihak atau individu yang melakukan hubungan atau yang bersifat internasional.

3. Psikologi‍ 

Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia. Ilmu psikologi ini seringkali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang luas, karena di dalamnya kamu akan meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan kita, mulai dari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal.

4. Hukum‍ 

Hukum mengatur bagaimana manusia bertindak dan bertingkah laku supaya tidak merugikan orang lain. Belajar tentang hukum memang lebih banyak mendalami konsep dan teori, juga beberapa kasus hukum yang terjadi. Nah, pas banget, nih, kalau kamu punya kepedulian terhadap hukum di Indonesia yang masih jauh dari kata adil dan ideal!

5. Pendidikan Guru Sekolah Dasar‍ 

5

Sebagai lulusan jurusan PGSD, kamu bertanggung jawab membangun kepribadian siswa sejak dini. Guru SD memberikan pondasi ilmu yang berguna sehingga siswa siap untuk menapaki jenjang pendidikan selanjutnya. PGSD bisa menjadi pilihan yang tepat karena profesi guru SD memegang peran yang sangat penting untuk masa depan Indonesia. Saat ini kita membutuhkan tenaga-tenaga pengajar yang berkualitas, terutama untuk banyak daerah di luar pulau jawa.

6. Ilmu Komunikasi‍ 

Di jurusan Komunikasi, yang dipelajari bukan hanya cara mengobrol dengan orang lain, lho, gaes. Komunikasi dibutuhkan dalam segala hal yang kita lakukan, karena Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara berkomunikasi, memahami apa saja yang terjadi selama komunikasi itu berlangsung, serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai sarana komunikasi terhadap masyarakat.

7. Kesehatan Masyarakat‍ 

Kalau kamu punya kepedulian besar terhadap perkembangan kesehatan di Indonesia, maka jurusan ini sangat cocok buat kamu. Kamu akan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kesehatan, tak hanya teori tapi juga tentang praktik-praktik mewujudkan kesehatan. Pokoknya, kamu nggak perlu takut apa yang kamu pelajari di sini akan sia-sia belaka jika kamu emang punya jiwa sosial yang tinggi.

8. Okupasi Terapi‍ 

Okupasi Terapi adalah terapi untuk individu yang berkebutuhan khusus dan membantu mereka untuk mempelajari keterampilan hidup yang dibutuhkan untuk kehidupan mandiri menggunakan berbagai macam peralatan. Jika kamu adalah seseorang yang senang untuk berinteraksi dan membantu individu yang berkebutuhan khusus maka kamu adalah seseorang yang cocok dengan jurusan ini.

9. Ilmu Keolahragaan‍ 

1

Meskipun sebagian besar bahasan Ilmu Keolahragaan mencakup kebugaran dan kesehatan fisik manusia, faktor sosial dalam jurusan ini ternyata jauh lebih besar dari yang kamu bayangkan, lho. Jika nantinya kamu tertarik untuk menjadi pembina atau manajer suatu tim keolahragaan, jiwa sosial kamu yang tinggi akan membantu kamu dalam mengembangkan diri menjadi sosok panutan yang kece. Ihiy!

10. Sastraapa aja!

Suka banget belajar sastra? Well, jurusan ini cocok banget buat kamu si pecinta sosial. Mempelajari sastra akan memperluas cakrawala pengatahuanmu. Dengan banyak membaca karya sastra, kamu tidak hanya mempelajari gaya bahasa dan apresiasi cerita, namun kamu akan lebih menggunakan rasa untuk memahami apa yang sebenarnya diungkapkan oleh penulis, bahkan dialami olehnya, serta dapat mensosialisasikan pengetahuan kamu tersebut. Aih!

(sumber gambar: dailymail.co.uk, makeitbetter.net, beyonddeadlines.com, southwales.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1